Kamis, 08 November 2012

Surat Kabar Daring: Menuju Era Baru Surat Kabar

Oleh Hatta Harris Rahman (@hattahr)

Dalam kehidupan sehari-hari manusia sering bersinggungan dengan teknologi, mulai dari teknologi yang sangat sederhana hingga teknologi yang memiliki kompleksitas yang tinggi.Teknologi digunakan untuk menunjang aktifitas yang dilakukan oleh mereka yang ingin memaksimalkan kinerja perusahaan dan meringankan beban kerja yang ada di tengah sempitnya waktu yang tersedia.

Jumat, 26 Oktober 2012

Pengaruh Peningkatan Jumlah Pengguna Internet Pada Transformasi Media Cetak

 Oleh Hatta Harris Rahman (@hattahr)
 
Pertumbuhan teknologi Internet di Indonesia sangat berpengaruh terhadap meledaknya para pengguna Internet di Indonesia.  Berdasarkan data yang dilansir oleh internetworldstats.com pertumbuhan Internet di Indonesia mengalami ledakan pengguna sampai akhir 2011 sebesar 55 juta pengguna dari 2 juta pengguna pada tahun 2000. Fenomena ini diperkirakan akan terus berlanjut dikarenakan penetrasi pengguna masih berkisar di angka 25.4% dari total jumlah penduduk Indonesia yang merupakan Negara terpadat ke 4 dunia dengan populasi sekitar 245 juta jiwa. 

Minggu, 21 Oktober 2012

Korvergensi Teknologi Seluler dan Komputer

 Oleh Hatta Harris Rahman (@hattahr)

Memasuki era milenia ketiga, perkembangan teknologi seluler dan komputer mengalami perubahan yang sangat cepat. Mulai dari komputer jinjing (laptop) yang memiliki spesifikasi canggih sampai dengan desainnya yang ergonomis. Demikian halnya dengan ponsel (dalam istilah Indonesia dikenal istilah HP singkatan dari Hand Phone) yang pada awalnya digunakan hanya terbatas pada fungsi panggilan dan layanan pesan singkat tetapi saat ini juga dapat digunakan sebagai sarana pendukung aktifitas dan hiburan.

Minggu, 14 Oktober 2012

MENCONTEK Vs E-UAN

Mencontek mungkin kata yang tidak asing bagi pelajar dan mahasiswa, perilaku mencontek ini terutama sering terjadi saat pelajar dihadapkan pada kondisi ujian dimana mereka berusaha untuk mendapatkan nilai yang baik dengan mudah dan cepat (Kushartanti, 2009). Clabaugh (2003 ) menyatakan  aktivitas mencontek ibarat wabah (epidemic) yang telah menyerang sebagian besar pelajar di dunia. 

E-UAN: Menciutnya Anggaran, Membengkaknya Manfaat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menganggarkan dana sebesar Rp 6 Miliar untuk pelaksanaan  UAN pada tahun 2012. Besarnya anggaran ini digunakan untuk membiayai  semua komponen dalam UAN. Menurut Menteri terkait, Muhammad Nuh setiap siswa mendapatkan dana subsidi sekitar Rp 50 ribu untuk setiap anak. Dana ini tidak hanya akan digunakan untuk kertas ujian dan jawabannya, namun untuk mencetak soal, biaya pengawas, koreksi, dan lainnya.

Senin, 08 Oktober 2012

Bisnis Dalam Lingkungan Politik Indonesia

Oleh Hatta Harris Rahman (@hattahr)

Demokrasi dalam satu dasawarsa terakhir turut mewarnai sejarah dalam sistem politik di Indonesia. Hal ini ditandai dengan kebebasan seseorang untuk mengemukakan pendapat melalui media cetak maupun elektronik yang dianggap dapat menyalurkan ide dan suara mereka.Perkembangan dunia jurnalistik yang dalam era sebelum reformasi seolah dikekang oleh Pemerintah juga turut berperan dalam mengawal transisi sistem perpolitikan di Indonesia.

Sabtu, 29 September 2012

Budaya Membaca dalam Perspektif Indonesia

Oleh Hatta Harris Rahman (@hattahr)
Membaca merupakan salah satu metode yang kerap dilakukan oleh manusia untuk dapat meningkatkan kecerdasan, mengakses informasi dan juga memperdalam pengetahuan dalam diri seseorang. Dengan memahami dan mengerti isi dari sebuah bacaan, seseorang akan mendapatkan banyak keuntungan untuk memperluas cakrawala berpikir dengan sedikit usaha dan modal yang relatif sedikit. Kegiatan ini sering kali dihubungkan dengan faktor-faktor kesuksesan seseorang dalam berpikir dan bertindak karena pada umumnya mereka yang gemar membaca dapat bertindak lebih sistematis dan berpikir secara kritis dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi.

Rabu, 23 Mei 2012

Ethics and the Employee

Organisasi Rasional

Model organisasi bisnis yang rasional mendefinisikan organisasi sebagai suatu struktur hubungan formal, yang didefinisikan secara eksplisit dan digunakan secara terbuka yang bertujuan mencapai tujuan teknis atau ekonomi dengan efisiensi maksimal. Pada bagian dasar organisasi terdapat “tingkat operator” (para pegawai dan pengawas), “manajer madya” (setingkat manajer) dan manajemen tertinggi (dewan direksi). Tanggungjawab etis dasar yang muncul dari aspek-aspek “rasional” organisasi difokuskan pada dua kewajiban moral: 1) kewajiban pegawai untuk memenuhi atasan dalam organisasi mencapai tujuan-tujuan organisasi dan tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang mengancam tujuan tersebut. 2) kewajiban atasan untuk memberikan gaji yang adil dan kondisi kerja yang baik.

Selasa, 22 Mei 2012

Interpersonal Behavior: Working with and Against Others

Psycological Contract and Trust

Psycological contract adalah kepercayaan seseorang terhadap kemampuan yang bisa diharapkan dari orang lain dalam sebuah hubungan. Adapun jenis dari psycological contract antara lain:

1. Transaksional contract adalah tipe dari psycological contract dimana seseorang memberi kepercayaan, arahan, dan perintah kepada orang lain dalam hubungan yang berfokus kepada kegiatan ekonomis. Inti dari jenis transaksi ini adalah fokus secara ekonomi, berlangsung dalam waktu singkat, memiliki lingkup yang sempit dan didefinisikan dengan baik.

Senin, 21 Mei 2012

Etika Pemasaran


A.  Latar Belakang
               Sebagaimana kita mengetahui bahwa orientasi ilmu pemasaran adalah pasar.  Sebab pasar merupakan mitra sasaran dan sumber penghasilan yang dapat menghidupi dan mendukung pertubuhan perusahaan.  Oleh karena itu segala upaya dalam bidang pemasaran selalu berorientasi pada kepuasan pasar. Dan jika pasar dilayani oleh perusahaan, kemudian pasar merasa puas, maka hal ini membuat pasar tetap loyal terhadap produk perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu kita dituntut bukan saja mempercanggih teknik pemasaran kita tetapi juga memperhatikan tanggung jawab terhadap konsumen dan masyarakat.

Etika pada Lingkungan



v  Conservation
Adalah penghematan atau pembatasan sumber daya untuk digunakan di masa yang akan datang.
Konservasi selayaknya dilaksanakan karena beberapa alasan:
1.      Hak generasi masa depan
2.      Keadilan bagi ‘masa depan’

Etika dan Pengambilan Keputusan


            Untuk memahami peran etika di dalam lingkungan bisnis, kita perlu menggunakan etika dalam proses pengambilan keputusan. Banyak faktor yang diduga mempengaruhi dimensi etika bisnis. Beberapa faktor bersifat pribadi, bervariasi pada individu pengambil keputusan dan yang lain berdasarkan organisasi. Seringkali, faktor-faktor dapat berinteraksi untuk merubah hasil. Dalam bab ini, kita memeriksa faktor-faktor yang dipercaya mempengaruhi keputusan bisnis. Kita menarik pada literatur empiris yang dibahas dalam bab 5. Meskipun tidak memasukkan semua faktor yang relevan, penulis telah menyertakan semua faktor sesuai dengan literatur empiris yang terkait dengan dimensi etika pengambilan keputusan.

Rabu, 18 April 2012

Kepuasan Kerja

I.    Sikap

Sikap merupakan reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap suatu stimulasi atau obyek. Ada tiga komponen yang secara bersama-sama membentuk sikap yang utuh yaitu :

Kepribadian Individu

Kepribadian adalah sebuah pola dari sikap, pemikiran dan emosi yang unik dan cenderung stabil dalam diri seseorang.  Perspektif interaksionis adalah pandangan bahwa sikap adalah hasil dari pengaruh yang kompleks antara kepribadian dengan situasi.

Sistem Bisnis: Pemerintah, Pasar, dan Perdagangan International

Globalisasi adalah proses dimana sistem ekonomi dan social suatu Negara terkoneksi secara bersama-sama baik berupa barang, jasa, modal, dan pengetahuan dapat bergerak bebas diantara Negara-negara.

Prinsip – Prinsip Etika Berbisnis

A.    Utilitarianisme

Utilitarianisme adalah kebijaksanaan atau tindakan yang membawa manfaat terbesar bagi sebanyak mungkin orang atau sebaliknya membawa akibat merugikan yang sekecil mungkin bagi sedikit mungkin orang. Secara lebih konkret , dalam kerangka utilitarianisme kita dapat merumuskan tiga kriteria objektif yang dapat dijadikan dasar untuk menilai suatu kebijaksanaan atau tindakan.  3 kiriteria tersebut adalah:

Jumat, 06 April 2012

The Raid : Two Thumbs Up



"The Best Action Movie in Decades" (Twitch Films), begitulah ungkapan yang pas untuk film yang ditayangkan pada minggu akhir bulan kemaret ini. Antrian panjang dan kapasitas tempat duduk yang dirasa "kurang" membayangi penayangan film yang di Amerika diberi judul The Raid: Redemption atau penyerbuan maut dalam bahasa Indonesia. Dengan sentuhan sutradara Gareth Evans, film ini berhasil memuaskan dahaga untuk  pecinta film terutama yang bergenre action, koreografi yang baru dengan latar belakang pencak silat dari Indonesia dan aksi para pemainnya mampu menghidupkan suasana menegangkan yang bercampur dengan ketidaksabaran untuk menunggu aksi berikutnya  menjadi nilai tambah film ini.


Dinamika Grup dan Tim Kerja Dalam Organisasi

Kehadiran kelompok-kelompok dapat mempengaruhi motivasi atau kebutuhan seseorang serta bagaimana seseorang berperilaku dalam konteks  organisasi. Kelompok adalah dua atau lebih individu yang berinteraksi satu sama lain guna mencapai sasaran bersama
Tahap-tahap Pembentukan Kelompok

Komunikasi Dalam Organisasi

A.       Communication: Their Basic Nature

·      Defining communication and describing the process, komunikasi merupakan proses dimana seseorang, kelompok atau organisasi (pengirim) mengirimklan beberapa jenis informasi atau pesan kepada orang lain, kelompok atau organisasi (penerima). Terdapat beberapa proses kerja komunikasi yaitu: (1) Encoding, proses dimana sebuah ide diubah sehingga dapat ditularkan dan diakui oleh penerima (pesan tertulis maupun pesan lisan). (2) Channels of communication, jalur dimana pesan tersebut dikirimkan (saluran telepon, surat dll). (3) Decoding, proses dimana penerima pesan mengubahnya kembali kedalam ide-ide pengirim. (4) Feedback, pengetahuan tentang dampak pesan pada penerima pesan. (5) Noise, factor yang mampu mendistorsi kejelasan pesan pada setiap saat selama proses komunikasi.